Sifat Dark Web, Deep Web, dan Surface Web

 Sifat Dark Web, Deep Web, dan Surface Web


Meskipun definisi dan sifat Dark Web dan Deep Web berbeda, mereka semua tidak terlihat dari surface web. Penggunaan surface web sangat sedikit dibandingkan dengan web lainnya. Tapi, aman untuk menggunakan surface web jika Anda tidak ahli dalam web lain.

Menurut catatan Badan Pengawas Narkotika dalam kurun waktu 2015 hingga 2017, tercatat ada empat kasus yang didaftarkan oleh berbagai lembaga penegak hukum narkoba di mana 'dark net' digunakan untuk jual beli narkoba dan psikotropika.

Dark Net

Ada banyak situs web di Internet yang berada di luar jangkauan mesin pencari yang umum digunakan seperti Google, Bing, dan penjelajahan umum. Ini disebut jaring gelap atau jaring dalam.

Tidak seperti situs web biasa, ini adalah jaringan yang dapat diakses oleh kelompok orang tertentu dan jaringan ini hanya dapat diakses melalui proses otorisasi, perangkat lunak, dan konfigurasi tertentu.

Undang-Undang Teknologi Informasi, 2000 memberikan kerangka hukum untuk menangani semua jenis kejahatan dunia maya yang lazim di negara ini. Setelah mengetahui kejahatan tersebut, lembaga penegak hukum mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan undang-undang ini.

Dalam hal Akses, Internet dibagi menjadi tiga bagian.

Surface Web

Surface web adalah bagian dari internet yang biasa kita gunakan dalam pekerjaan sehari-hari.

Saat mencari di Google atau Yahoo, kami mendapatkan hasil pencarian dan tidak diperlukan izin khusus untuk ini. Situs web semacam itu diindeks oleh mesin pencari. Oleh karena itu ini dapat diakses melalui mesin pencari.

Deep Web

Ini tidak dapat diakses hanya dengan bantuan hasil pencarian mesin pencari.

Untuk mengakses dokumen di Deep Web, Anda harus masuk dengan membuka alamat URL-nya, di mana kata sandi dan nama pengguna harus digunakan. Seperti akun Gmail, situs blog, publikasi pemerintah, basis data akademik, penelitian ilmiah, dll. adalah situs web serupa yang sifatnya wajib tetapi memerlukan izin administrator untuk mengaksesnya.

Dark Web 

Dark Net adalah bagian dari Internet atau Dark Web yang tidak dapat diakses dari mesin pencari yang umum digunakan.

Ini digunakan dalam kegiatan ilegal seperti perdagangan manusia, pembelian dan penjualan narkoba, penyelundupan senjata.

Situs Dark Web disembunyikan dengan bantuan alat enkripsi Tor sehingga tidak dapat diakses oleh mesin pencari normal.

Browser khusus tor (TOR) digunakan untuk mengaksesnya, yang juga menggunakan istilah Onion Router karena memiliki lapisan yang menggunakan jaringan node sebagai lawan dari satu server tidak aman. -Enkripsi data lapisan-lapisan terjadi. Sehingga privasi penggunanya tetap terjaga.

96% dari keseluruhan Internet terdiri dari Artikel Fitur Dark web, sedangkan Surface Web hanya 4%.

Sebuah situs web bernama Silk Road Marketplace adalah contoh terkenal dari Dark Net di mana berbagai jenis barang ilegal termasuk senjata dibeli dan dijual.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url