Sejarah Virus Komputer hingga 1989

 Sejarah Virus Komputer hingga 1989


Penulis fiksi ilmiah David Gerrold menulis “When H.A.R.L.I.E. Was One” dan diterbitkan pada tahun 1972. Di dalamnya, sebuah program komputer yang disebut “VIRUS” menyebar dari komputer ke komputer, sebelum akhirnya dimatikan oleh program lain, yang disebut “VACCINE”. Sama seperti satelit komunikasi, pendaratan di bulan, dan dasar air, fiksi ilmiah meramalkan masa depan.

Program pertama yang benar-benar menyebar dari satu komputer ke komputer lain muncul sekitar waktu yang sama. Virus Creeper menginfeksi sistem di seluruh Arpanet, jaringan komputer yang akhirnya menjadi Internet yang kita kenal sekarang. Yang cukup menarik, program Reaper yang dirancang untuk membunuh virus Creeper juga merupakan virus.

Infeksi virus skala luas pertama adalah Elk Cloner pada sistem komputer Apple II pada tahun 1981. Karena Apple II menyimpan sistem operasinya pada floppy disk, sangat mudah untuk menginfeksi sistem, dan sejumlah besar virus ditulis untuk komputer Apple.

Lima tahun kemudian, virus PC pertama mulai muncul, dimulai dengan The Pakistani Brain. Itu ditulis oleh sepasang saudara di Pakistan.

1987 melihat virus boot-sektor pertama, seperti Yale, Ping Pong, dan Stoned. Virus sektor boot menginfeksi komputer jika disk yang terinfeksi tertinggal di drive dengan daya mati. Virus Yerusalem juga muncul pada tahun yang sama, dan merupakan salah satu virus pertama yang memiliki muatan destruktif—jika virus itu berjalan pada hari Jumat tanggal 13, itu akan merusak semua file yang dapat dieksekusi di komputer.

Robert Tappan Morris membuat sejarah komputer pada tahun 1988. Worm komputernya adalah salah satu yang pertama mengeksploitasi kesalahan "Buffer Overrun", dan menyebar dengan cepat ke seluruh jaringan. Itu akan berjalan beberapa kali pada sistem yang terinfeksi, akhirnya menghilangkan apa pun di sistem itu. Cacing itu membuat Internet bertekuk lutut sampai ditemukan dan dihapus.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url